https://semesta.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/semesta/issue/feed SEMESTA 2023-09-26T03:25:20+00:00 Open Journal Systems https://semesta.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/semesta/article/view/112 PEMUTAKHIRAN PROMOSI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN VALUE DAYA TARIK WISATA PANTAI PANDAWA, KABUPATEN BADUNG 2023-09-26T02:54:03+00:00 PUTRI KUSUMA SANJIWANI kusumasanjiwani@unud.ac.id NATASHA ERINDA PUTRI MONIAGA kusumasanjiwani@unud.ac.id <p>Kecenderungan tipe daya tarik wisata yang dikelola oleh Desa Adat di Provinsi Bali belum memanfaatkan<br>potensi promosi digital dengan maksimal. Pemilihan promosi dengan tipe konservatif masih menjadi orietasi utama<br>dikarenakan kurangnya pemahaman penggunaan teknologi pada elit Desa Adat yang duduk di tataran petinggi Desa<br>Adat (pada kalangan anggota senior). Pada daya tarik wisata Pantai Pandawa, pengembangan promosi digital sudah<br>dilakukan namun belum dapat mengikuti kecepatan pengembangan teknologi. Permasalahan dalam penelitian ini<br>adalah bagaimana bentuk pemutakhiran promosi digital untuk meningkatkan value daya tarik wisata Pantai Pandawa<br>di Kabupaten Badung agar dapat menarik perhatian wisatawan mancanegara dan nusantara. Penelitian ini<br>menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan bahan hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian<br>ini adalah promosi digital akan meningkatkan citra dan brand awareness dari suatu daya tarik wisata sehingga<br>penguatan karakteristik serta posisi daya tarik wisata Pantai Pandawa sebagai salah satu daya tarik wisata unggulan<br>di Kabupaten Badung. Promosi digital pada sosial media menjadi pilihan terbaik karena pengguna sosial media<br>memiliki jangkauan yang luas di seluruh dunia. Brand daya tarik wisata Pantai Pandawa melalui sosial media wajib<br>untuk diselaraskan dengan wonderful Indonesia. Pemutakhiran tampilan dan pola promosi digital melalui sosial<br>media milik daya tarik wisata Pantai Pandawa wajib dilakukan untuk meningkatan value dan mampu bersaing dengan<br>daya tarik wisata lainnya di Provinsi Bali.<br>Kata kunci: promosi digital, daya tarik wisata, media sosial</p> 2023-09-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 SEMESTA https://semesta.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/semesta/article/view/111 MENEROKA TEKS PROMOSI WISATA BANTEN: KAJIAN LINGUISTIK SISTEMIK FUNGSIONAL 2023-09-26T02:52:40+00:00 YUANI ASILADY yuani.asilady@gmail.com SITI DRIVOKA SULISTYANINGRUM yuani.asilady@gmail.com SAMSI SETIADI yuani.asilady@gmail.com <p>Excitingbanten.id merupakan salah satu bentuk produk dari pengembangan digitalisasi industri pariwisata<br>yang dikembangkan pada tahun 2019 oleh Dinas Pariwisata Banten. Hal ini bertujuan sebagai media sistem informasi<br>pariwisata provinsi Banten berbasis digital yang dikembangkan untuk dapat memudahkan siapa saja dalam<br>mengakses informasi pariwisata Banten. Hal utama yang diperhatikan dalam mengelola media digital pariwisata<br>adalah bagaimana teks promosi wisata tersebut dapat menarik anemo masyarakat terhadap area wisata yang<br>dituliskan. Penelitian ini bertujuan untuk meneroka teks promosi pariwisata yang tertulis di website resmi<br>excitingbanten.id. Penelitian ini membahas tiga hal utama: (1) menggunakan sistem transitivitas untuk<br>mengkategorikan teks ke dalam teks proses, partisipan, dan keadaan; (2) partisipan yang terlibat dalam proses teks;<br>dan (3) kategori dominan yang digunakan dalam teks. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian<br>deskriptif kualitatif yang menggunakan parafrase dan teknik referensi dan menggunakan pendekatan Linguistik<br>Fungsional Sistemik sebagai pisau analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa tipe proses yang terdapat dalam data<br>penelitian, yakni proses material (67%), mental (15%), verbal (6%), relasional atributif (6%), dan relasional atributif<br>dan posesif (3%). Proses material dominan digunakan, hal ini menunjukan bahwa dalam tulisan-tulisan teks promosi<br>tersebut, lebih banyak menggunakan proses kerja, yaitu dengan menggunakan kata verba seperti kata ditemukan,<br>menjual, dicampur, intip, menjual, berkunjung, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukan bahwa bagaimana kata<br>verba yang mendominasi menunjukan aktivitas fisik atau process of doing.</p> <p>Kata Kunci: Digital Tourism, Linguistik Sistemik Fungsional, Sistem Transitivitas, Teks Promosi Wisata.</p> 2023-09-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 SEMESTA https://semesta.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/semesta/article/view/110 STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITAL TOURISM SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA MALUKU (STUDI PADA AKUN MEDIA SIOSIAL @EXOTICMALUKUTOURISM) 2023-09-26T02:48:13+00:00 ELVIATY HELINDA TAURAN tauranelvi@gmail.com VICYEN MICING VEERMAN tauranelvi@gmail.com <p>Dewasa ini sektor pariwisata berkembang dengan sangat pesat, hal ini membantu peningkatan pendapatan<br>daerah maupun devisa negara. Tren berwisata saat ini sangat marak dilakukan oleh sebagian besar orang di dunia,<br>pergerakan wisatawan semakin meningkat terutama pasca pandemic Covid-19 yang mengharuskan semua orang<br>tinggal rumah. Memanfaatkan teknologi informasi sebagai media promosi melalui pariwisata digital. Hal ini dapat<br>dilihat dari media social yang mana sebagian besar orang-orang yang berwisata tertarik karena postingan promosi di<br>media social Instagram, Tiktok dan Facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisis<br>perkembangan pariwisata digital di Maluku melalui akun @exoticmalukutourism. Metode analisis yang digunakan<br>dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT dengan melihat faktor internal dan faktor eksternal yang<br>diperhitungkan dalam pengembangan pariwisata digital di Maluku. Hasil penelitian ini berupa strategi (Strategi SO)<br>Meningkatkan kepercayaan Pengguna sosial media akan seluruh destinasi dan berbagai Atraksi wisata di Maluku,<br>memberikan keuntungan dalam menambah kunjungan wisatawan. Kesempatan ini juga bisa dijadikan sebagai moda<br>promosi Keeksotikan Maluku, dimana ada keunikan yang bisa dijual tapi juga dijadikan berkelanjutan secara Digital<br>Tourism. Menjadikan akun promosi sebagai sumber edukatif yang secara langsung menggerakkan minat kunjungan<br>wisatawan. Tingkat keeksotikan juga bisa dilihat dari peningkatan budaya lokal serta dukungan brand kota, sehingga<br>ketika Digital Promosi dari Maluku itu sendiri sudah bisa menyatakan apa yang di promosikan itu sesuai dengan<br>kenyataan, tentunya akan bisa mendukung program-program yang dijalankan untuk pembangunan pariwisata<br>Maluku kedepannya. Sebagai media edukatif tentunya bisa menjalin kerjasama antar masyarakat untuk berinovasi<br>melakukan keberlanjutan keeksotikan Maluku.</p> <p>Kata kunci: Analisis SWOT, Pariwisata Digital, Pariwisata Maluku</p> 2023-09-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 SEMESTA https://semesta.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/semesta/article/view/109 PERENCANAAN PENYUSUNAN MATERI PEMANDUAN WISATA DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI MUSEUM GEDUNG JUANG BEKASI 2023-09-26T02:46:17+00:00 RINI UNTARI riniuntari@apps.ipb.ac.id SELVI INDAHSARI riniuntari@apps.ipb.ac.id HELIANTHI DEWI riniuntari@apps.ipb.ac.id BEDI MULYANA riniuntari@apps.ipb.ac.id <p>Digitalisasi wisata dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas penyampaian informasi wisata <br>termasuk dalam penyusunan materi pemanduan. Destinasi yang memanfaatkan teknologi digital untuk menyajikan<br>informasi koleksinya adalah Museum Gedung Juang 45 Bekasi. Museum ini merupakan destinasi wisata sejarah dan<br>edukasi yang menjadi ikon serta pusat sejarah di Kabupaten Bekasi dengan konsep digital yang diresmikan pada 19<br>Maret 2021. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi koleksi dan atraksi wisata di museum serta mengidentifikasi<br>preferensi pengunjung tentang pembagian ruangan koleksi museum yang memanfaatkan teknologi digital dengan<br>menyebarkan kuesioner menggunakan Skala Likert 1-7 kepada 60 responden. Hasil kuesioner kemudian dianalisis<br>secara deskriptif. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan yaitu April –Juni 2022. Hasil identifikasi, atraksi wisata<br>di Museum Gedung Juang 45 Bekasi tersebar di 13 ruangan (hall) koleksi, menggunakan penataan ruang berdasarkan<br>babak sejarahnya dengan penyajian menggunakan teknologi digital yang berbeda-beda. Preferensi tertinggi<br>pengunjung melihat koleksi di Hall C mengenai masa Kerajaan Tarumanegara, Hall D mengenai masa Kerajaan<br>Sunda-Sultan Mataram dan Hall I mengenai rakyat Bekasi mempertahankan kemerdekaan.</p> <p>Kata kunci: Museum, Pemanduan, Preferensi, Teknologi Digital</p> 2023-09-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 SEMESTA https://semesta.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/semesta/article/view/108 IMPLEMENTASI COMMUNITY BASED TOURISM DI DESA PALOH NAGA KABUPATEN DELI SERDANG 2023-09-26T02:43:53+00:00 YUNI ROMASTA MARPAUNG yuniromasta08@gmail.com PUTRI MAULINA RAJAGUKGUK yuniromasta08@gmail.com WAHYUNI BR BARUS yuniromasta08@gmail.com <p>Artikel ini membahas implementasi Community Based Tourism (CBT) di Desa Paloh Naga Kabupaten Deli Serdang.<br>CBT merupakan pendekatan pariwisata yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat lokal dalam pengelolaan dan<br>pengembangan pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses penerapan CBT di Desa Paloh<br>Naga dan mengevaluasi dampaknya terhadap masyarakat lokal dan pengembangan ekonomi lokal. Penelitian<br>dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data<br>yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan tematis untuk menggambarkan perkembangan implementasi CBT di<br>Desa Paloh Naga. Selain itu juga dilakukan evaluasi terhadap partisipasi masyarakat, peningkatan pendapatan,<br>pelestarian budaya, dan dampak ekonomi lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CBT di Desa Paloh<br>Naga telah berhasil. Masyarakat setempat berpartisipasi aktif dalam pengelolaan tempat wisata, seperti<br>pengembangan homestay, penyediaan kuliner lokal, dan kegiatan budaya tradisional. Melalui CBT, masyarakat juga<br>diberdayakan melalui pelatihan keterampilan dan pemahaman nilai-nilai budaya mereka. Dampak penerapan CBT<br>sangat signifikan bagi masyarakat setempat dan perkembangan ekonomi lokal. Partisipasi masyarakat meningkat,<br>pendapatan rumah tangga meningkat, dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian budaya meningkat.<br>Selain itu, terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi<br>lokal melalui sektor transportasi, akomodasi, dan penjualan produk lokal. Penelitian ini memberikan kontribusi<br>penting bagi pemahaman dan implementasi CBT sebagai model pariwisata berkelanjutan di pedesaan. Temuan ini<br>dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah, masyarakat, dan pemangku kepentingan pariwisata dalam<br>mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat di daerah lain.</p> <p>Kata Kunci: Agrowisata, Community Based Tourism, Implementasi, Komunitas</p> 2023-09-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 SEMESTA https://semesta.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/semesta/article/view/107 GEOWISATA SEBAGAI WISATA EDUKASI BAGI KAWASAN RAWAN BENCANA 2023-09-26T02:30:12+00:00 SHANDRA RAMA PANJI WULUNG wulung@upi.edu ILMA INDRIASRI PRATIWI wulung@upi.edu SYIFA PUTRI ANGGRAINI wulung@upi.edu AUDY PUTRI KIKANIA wulung@upi.edu <p>Peningkatan perjalanan wisatawan dan pesatnya pertumbuhan industri pariwisata di Kawasan <br>Bandung Utara perlu diimbangi dengan nilai-nilai edukasi kebencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk<br>menganalisis produk wisata edukasi yang tepat bagi kawasan rawan bencana. Penelitian kualitatif ini<br>dilaksanakan selama delapan bulan pada tahun 2022 di Kawasan Bandung Utara. Data primer didapatkan<br>melalui wawancara dan observasi, sementara data sekunder didapatkan melalui dokumen kebijakan,<br>pustaka, dan penelitian terdahulu. Data yang didapatkan selanjutnya dilakukan analisis isi dan analisis<br>deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa wisata edukasi yang dapat diaplikasikan di<br>kawasan rawan bencana yang geowisata. Kawasan rawan bencana di Bandung Utara yang dijadikan sebagai<br>daya tarik wisata memiliki keterkaitan erat dengan karakteristik geowisata, yaitu proses dan bentuk secara<br>geologi. Kajian ini berimplikasi dalam pengembangan konsep wisata edukasi melalui geowisata untuk<br>kawasan rawan bencana yang dapat diimplementasikan dalam kebijakan pembangunan kepariwisataan di<br>Kawasan Bandung Utara.</p> <p>Kata kunci: Geowisata, Kawasan Bandung Utara, Wisata Edukasi, Pengurangan Risiko Bencana</p> 2023-09-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 SEMESTA https://semesta.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/semesta/article/view/106 STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA HIJAU DI HOTEL PADA KAWASAN PARIWISATA NUSA DUA 2023-09-26T02:24:07+00:00 I NYOMAN GEDE MAS WIARTHA santidiwyarthi@yahoo.com MADE DARMIATI santidiwyarthi@yahoo.com NI DESAK MADE SANTI DIWYARTHI santidiwyarthi@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan pariwisata hijau yang <br>diterapkan oleh hotel di Nusa Dua, Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan<br>melibatkan sepuluh hotel di kawasan tersebut. Sampel responden terdiri dari manajemen hotel. Data<br>dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait kegiatan pariwisata hijau yang<br>dilakukan oleh hotel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk<br>mengidentifikasi strategi pengembangan pariwisata hijau yang diterapkan oleh hotel serta manfaat dan<br>tantangan yang dihadapi. <br>Hasil penelitian menunjukkan bahwa hotel di Nusa Dua telah menerapkan berbagai strategi<br>pengembangan pariwisata hijau, termasuk pengelolaan energi yang efisien, penggunaan sumber daya alam<br>yang berkelanjutan, pengurangan limbah, dan partisipasi dalam kegiatan konservasi lingkungan. Para<br>responden mengakui manfaat dari strategi ini, seperti peningkatan citra hotel, penghematan biaya, dan<br>keberlanjutan lingkungan. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya, kesadaran<br>dan partisipasi tamu hotel, serta kebijakan dan regulasi pemerintah yang belum memadai. <br>Penelitian ini menyimpulkan bahwa hotel di Nusa Dua telah mengimplementasikan strategi<br>pengembangan pariwisata hijau sebagai upaya untuk meningkatkan keberlanjutan dan mengurangi dampak<br>negatif terhadap lingkungan. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan yang perlu diatasi agar<br>implementasi strategi tersebut lebih efektif dan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam<br>pemahaman tentang praktik pengembangan pariwisata hijau di hotel dan memberikan rekomendasi untuk<br>meningkatkan keberhasilan strategi tersebut.</p> <p>Kata kunci: Hijau, hotel, pengembangan, pariwisata, strategi</p> 2023-09-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 SEMESTA https://semesta.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/semesta/article/view/105 OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM UPAYA PROMOSI GEDUNG BERSEJARAH AVROS DI KOTA MEDAN 2023-09-26T02:20:10+00:00 ROSDIANA PAKPAHAN ros060713@gmail.com CLAUDIA VERONIKA PURBA ros060713@gmail.com <p>Pariwisata merupakan sektor utama dalam meningkatkan perekonomian. Keberhasilan sektor pariwisata<br>didukung oleh beberapa faktor yaitu daya tarik wisata yang beragam, partisipasi masyarakat yang tinggi<br>dan peran pemerintah dalam mengembangkan. Namun, hal tersebut tidak menjamin semua daerah dapat<br>memaksimalkan potensi wisatanya. Medan merupakan salah satu kota yang berada di Indonesia yang<br>menjadi kota perdagangan, industri, dan bisnis yang sangat penting di Indonesia. Medan memiliki beberapa<br>gedung bersejarah yang dahulunya digunakan sebagai tempat perdagangan dan bisnis. Sekarang bangunan<br>ini menjadi ikon kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki potensi dan efektivitas optimalisasi<br>media sosial dalam upaya promosi Gedung Bersejarah Avros di Kota Medan. Gedung ini memiliki nilai<br>sejarah dan arsitektur yang unik, namun belum sepenuhnya dimanfaatkan sebagai tujuan wisata atau<br>destinasi populer. Dalam upaya memperkenalkan dan mempromosikan Gedung Bersejarah Avros kepada<br>masyarakat luas, media sosial menjadi salah satu alat yang berpotensi kuat. Metode penelitian yang<br>digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui<br>observasi, wawancara, dan survei kepada pengguna media sosial yang berpotensi sebagai target pasar.<br>Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Melalui platform media sosial<br>seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, informasi mengenai Gedung Bersejarah Avros dapat dengan<br>cepat menyebar dan menjangkau audiens yang lebih luas. Konten visual seperti foto-foto arsitektur dan<br>sejarah Gedung Bersejarah Avros mendapat respon positif dari pengguna media sosial, menarik minat<br>mereka untuk mengunjungi dan membagikan informasi tersebut kepada orang lain. Penelitian ini<br>menyimpulkan bahwa optimalisasi media sosial merupakan strategi yang efektif dalam upaya promosi<br>Gedung Bersejarah Avros di Kota Medan.</p> <p>Kata kunci: sejarah, optimalisasi, promosi.</p> 2023-09-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 SEMESTA https://semesta.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/semesta/article/view/104 MANAGEMENT LAYANAN DESTINASI WISATA KOPENG TREETOP ADVENTURE: PELUANG BISNIS ECO TOURISM DI SALATIGA MELALUI DAYA TARIK PELAYANAN PRIMA 2023-09-26T02:16:06+00:00 CHONDRO SURYONO josephaldo99@gmail.com ABDUL KHALIM josephaldo99@gmail.com JOSEPH ALDO IRAWAN josephaldo99@gmail.com <p>Dalam pengelolaan sebuah destinasi wisata tidak luput dari peran manajemen. Salah satunya adalah<br>manajemen pelayanan dalam industri pariwisata. Manajemen pelayanan merupakan fokus dalam setiap<br>pelayanan jasa khususnya pada industri pariwisata. Pelayanan yang baik dan memuaskan tentunya akan<br>mendatangkan dampak positif bagi penyelenggara atau pemilik tempat wisata. Salah satu yang<br>menawarkan layanan prima adalah Destinasi Kopeng Tree Top yang bertempat di Destinasi Kopeng Tree<br>Top menawarkan model ecotourism dengan berbagai layanan sebagai bentuk bukti dari manajemen<br>pelayanan untuk menunjang kepuasan pengunjung. Dengan metode observasi dan didukung dengan<br>dokumentasi, pengumpulan data terkait menjadi lebih mudah serta dapat membuktikannya secara konkret.<br>Bukti pelayanan prima yang diberikan dapat dijabarkan secara terperinci. Dengan biaya yang dikeluarkan<br>oleh para pengunjung, banyak layanan dalam tempat wisata ini menjadikan pengunjung nyaman. Semua<br>ini membuktikan bahwa para pengunjung yang mengeluarkan sejumlah dana merasakan puas dengan<br>fasilitas dan pengalaman yang didapatkan selama berkunjung di Kopeng Tree Top.</p> <p>Kata kunci: Ecotourism, Manajemen Pelayanan, Pelayanan Prima</p> 2023-09-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 SEMESTA https://semesta.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/semesta/article/view/103 PERENCANAAN WISATA DESA SILALAHI KABUPATEN DAIRI 2023-09-26T02:13:48+00:00 Hetty Claudia Nainggolan valenciaolga1105@gmail.com Olga Valencia Sitorus valenciaolga1105@gmail.com <p>Desa Silalahi,Silahisabungan, Dairi berada di tepian danau toba dan dekat dengan perbukitan. Desa ini<br>memiliki potensi alam dan budaya yang menakjubkan dalam bidang pariwisata. Memiliki sumber daya<br>alam yang asri dan menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata di sumatera utara. Desa Silalahi juga bisa<br>berpotensi dalam pariwisata berbasis masyarakat, yang bisa mendorong faktor ekonomi masyarakat lokal<br>setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komponen pariwisata dalam potensi wisata desa, dan<br>dengan mengetahui rute perjalanan serta kegiatan untuk bisa mencapai pengembangan perencanaan wisata<br>yang tepat di Desa Silalahi. Penelitian ini dilakukan di Desa Silalahi I, Silalahi II, Silalahi III. Penelitian ini<br>menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan melakukan pengamatan langsung<br>atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan wisata<br>Desa Silalahi didukung dengan daya tarik wisata (attraction) yang terdiri dari daya tarik wisata alam,<br>budaya, spiritual, dan minat khusus, fasilitas pendukung pariwisata, aksesibilitas yang cukup memadai, dan<br>kelembagaan yang mendukung pariwisata di Desa Wisata Silalahi.</p> <p>Keywords: Rencana Perjalanan, Perencanaan, Paket Wisata.</p> 2023-09-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 SEMESTA