INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PANTAI LON MALANG (UPAYA PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA DI KABUPATEN SAMPANG – MADURA)

Authors

  • Yudho Bawono Universitas Trunojoyo Madura
  • Hera Wahyuni

Keywords:

Instagram, Lon Malang, pantai, promosi

Abstract

Saat ini, sebagian besar masyarakat sudah tidak asing lagi dengan media sosial. Sejumlah data menunjukkan bahwa pengguna media sosial khususnya Instagram mengalami peningkatan. Meningkatnya jumlah pengguna Instagram ini kemudian dimanfaatkan untuk ajang promosi di berbagai bidang, termasuk di bidang pariwisata. Di Madura, pariwisata yang tengah menjadi unggulan selain wisata religi adalah wisata pantai, di mana salah satu pantai yang menjadi unggulan di antara pantai-pantai yang lain adalah Pantai Lon Malang yang berada di Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang. Lokasinya berada di jalur pantai utara Madura (pantura). Dengan lokasi ini, Pantai Lon Malang menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang akan berkunjung karena selama perjalanan ke lokasi akan melewati keindahan pinggir laut. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui lebih jauh penggunaan Instagram sebagai media promosi Pantai Lon Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah narrative literature study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial Instagram dapat digunakan sebagai media promosi Pantai Lon Malang. Dengan mempromosikan Pantai Lon Malang melalui media sosial Instagram, para pengunjung baik dari Madura maupun luar Madura akan semakin tertarik dan datang mengunjungi Pantai Lon Malang sebagai destinasi wisatanya.

Kata kunci: Instagram, Lon Malang, pantai, promosi

Downloads

Published

2022-11-13