EFEKTIVITAS KOMUNITAS GENERASI PESONA INDONESIA (GenPI) PROMOSIKAN WISATA INDONESIA DI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Pepy Marwinata Alumni S1 Studi Program Ahwah Syakhshiyah, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
  • Ni'matul Fauziah Alumni S1 Studi Program Ahwah Syakhshiyah, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
  • Abidah Munsyifah Alumni S1 Studi Program Ahwah Syakhshiyah, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Keywords:

Generasi Pesona Indonesia, Media Sosial, Pariwisata

Abstract

Berkembangnya media sosial membuat muncul ide kreatif dari pengguna untuk menghasilkan konten-konten unik sebagai hiburan maupun media informasi dan pemasaran. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak wisata indah yang bertransformasi dengan program Digital Tourim. Pada 2016 Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia membentuk Generasi Pesona Indonesia (GenPI), yaitu komunitas relawan wisatawan yang mempromosikan pariwisata daerahnya yang dikenal mauapun belum dikenal seperti destinasi, budaya, kuliner, info akomodasi dan info transportasi. GenPI dibentuk setiap provinsi Indonesia dan rata-rata memiliki 20 ribu lebih pengikut akun di platform instagram, bahkan beberapa kabupaten juga sudah terbentuk. Hal ini diyakini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian program GenPI dalam mempromosikan pariwisata di media sosial dan sumber informasi dari GenPI Lampung menjadi data pendukung. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian
Pustaka yang bersifat penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan GenPI dalam mempromosikan pariwisata di media sosial masih kurang baik karena beberapa provinsi belum konsisten berkonten di media sosialnya.


Kata kunci: Generasi Pesona Indonesia, Media Sosial, Pariwisata

Downloads

Published

2022-11-13