PEMBEKALAN KEAHLIAN DIGITAL MARKETING BERBASIS “BAS” BAGI PENGELOLA KAMPUNG DOLANAN TEMANGGUNG

Authors

  • JOSEPH ALDO IRAWAN Universitas Dian Nuswantoro
  • DEDI JOKO PURNOMO UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
  • SYAIFUL ADE SEPTEMURYANTORO UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Keywords:

Desa Wisata, Digital Marketing, Promosi, Strategi Marketing BAS

Abstract

Pengembangan desa wisata menjadi trend diwaktu sekarang ini. Dengan mengangkat budaya lokal, suatu desa dapat menunjukkan keunikan yang dapat dijual bagi wisatawan. Pengalaman ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Namun, peranan media pada zaman modern menjadi hal yang tidak dapat terelakkan. Hal tersebut karena media digital sudah menjadi salah satu pilihan wadah untuk promosi. Permasalahan ini menjadikan Kampung Dolanan sedikit kesulitan mengikuti perkembangan zaman tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif serta dibantu pengumpulan data dengan model dokumentasi kegiatan. Dengan demikian, pembekalan digital marketing dalam strategi BAS (branding, advertising, selling) ini dilakukan dengan tujuan agar para pengurus Kampung Dolanan memiliki kemampuan
dasar untuk memproduksi dan mengedit konten yang dapat dijadikan bahan promosi kegiatannya melalui jejaring sosial. Sehingga Kampung Dolanan Temanggung semakin dikenal wisatawan dan angka kunjungan wisatawan semakin meningkat.

Kata kunci: desa wisata, digital marketing, promosi, strategi marketing BAS.

Downloads

Published

2022-11-13