PEMUTAKHIRAN PROMOSI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN VALUE DAYA TARIK WISATA PANTAI PANDAWA, KABUPATEN BADUNG

Authors

  • PUTRI KUSUMA SANJIWANI
  • NATASHA ERINDA PUTRI MONIAGA

Abstract

Kecenderungan tipe daya tarik wisata yang dikelola oleh Desa Adat di Provinsi Bali belum memanfaatkan
potensi promosi digital dengan maksimal. Pemilihan promosi dengan tipe konservatif masih menjadi orietasi utama
dikarenakan kurangnya pemahaman penggunaan teknologi pada elit Desa Adat yang duduk di tataran petinggi Desa
Adat (pada kalangan anggota senior). Pada daya tarik wisata Pantai Pandawa, pengembangan promosi digital sudah
dilakukan namun belum dapat mengikuti kecepatan pengembangan teknologi. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah bagaimana bentuk pemutakhiran promosi digital untuk meningkatkan value daya tarik wisata Pantai Pandawa
di Kabupaten Badung agar dapat menarik perhatian wisatawan mancanegara dan nusantara. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan bahan hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian
ini adalah promosi digital akan meningkatkan citra dan brand awareness dari suatu daya tarik wisata sehingga
penguatan karakteristik serta posisi daya tarik wisata Pantai Pandawa sebagai salah satu daya tarik wisata unggulan
di Kabupaten Badung. Promosi digital pada sosial media menjadi pilihan terbaik karena pengguna sosial media
memiliki jangkauan yang luas di seluruh dunia. Brand daya tarik wisata Pantai Pandawa melalui sosial media wajib
untuk diselaraskan dengan wonderful Indonesia. Pemutakhiran tampilan dan pola promosi digital melalui sosial
media milik daya tarik wisata Pantai Pandawa wajib dilakukan untuk meningkatan value dan mampu bersaing dengan
daya tarik wisata lainnya di Provinsi Bali.
Kata kunci: promosi digital, daya tarik wisata, media sosial

Downloads

Published

2023-09-26