STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITAL TOURISM SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA MALUKU (STUDI PADA AKUN MEDIA SIOSIAL @EXOTICMALUKUTOURISM)
Abstract
Dewasa ini sektor pariwisata berkembang dengan sangat pesat, hal ini membantu peningkatan pendapatan
daerah maupun devisa negara. Tren berwisata saat ini sangat marak dilakukan oleh sebagian besar orang di dunia,
pergerakan wisatawan semakin meningkat terutama pasca pandemic Covid-19 yang mengharuskan semua orang
tinggal rumah. Memanfaatkan teknologi informasi sebagai media promosi melalui pariwisata digital. Hal ini dapat
dilihat dari media social yang mana sebagian besar orang-orang yang berwisata tertarik karena postingan promosi di
media social Instagram, Tiktok dan Facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisis
perkembangan pariwisata digital di Maluku melalui akun @exoticmalukutourism. Metode analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT dengan melihat faktor internal dan faktor eksternal yang
diperhitungkan dalam pengembangan pariwisata digital di Maluku. Hasil penelitian ini berupa strategi (Strategi SO)
Meningkatkan kepercayaan Pengguna sosial media akan seluruh destinasi dan berbagai Atraksi wisata di Maluku,
memberikan keuntungan dalam menambah kunjungan wisatawan. Kesempatan ini juga bisa dijadikan sebagai moda
promosi Keeksotikan Maluku, dimana ada keunikan yang bisa dijual tapi juga dijadikan berkelanjutan secara Digital
Tourism. Menjadikan akun promosi sebagai sumber edukatif yang secara langsung menggerakkan minat kunjungan
wisatawan. Tingkat keeksotikan juga bisa dilihat dari peningkatan budaya lokal serta dukungan brand kota, sehingga
ketika Digital Promosi dari Maluku itu sendiri sudah bisa menyatakan apa yang di promosikan itu sesuai dengan
kenyataan, tentunya akan bisa mendukung program-program yang dijalankan untuk pembangunan pariwisata
Maluku kedepannya. Sebagai media edukatif tentunya bisa menjalin kerjasama antar masyarakat untuk berinovasi
melakukan keberlanjutan keeksotikan Maluku.
Kata kunci: Analisis SWOT, Pariwisata Digital, Pariwisata Maluku